TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

MBS Jombang Gelar Workshop KTI, Dorong Prestasi Guru

  • Bagikan

JATIMCETTAR.IDJOMBANG – Guru profesional menjadi ujung tombak kesuksesan dan kemajuan lembaga pendidikan. Salah satu wujud aktualisasi diri guru profesional adalah dengan aktif meneliti, khususnya penelitian tindakan kelas (PTK). Guru juga dapat menuliskan Best Practice pembelajaran yang telah dilakukan yang diwujudkan dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Hal inilah yang disadari oleh SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jombang, dengan menyelenggarakan Workshop PTK dan Best Practice, Sabtu 24 Juni 2023. Acara ini terlaksana dengan bekerjasama dengan Tim Pengabdian Blockgrant Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM. Acara ini diikuti oleh lebih dari 30 guru.

Kepala SMP MBS Jombang, ustadz Imam Fauzi Rohman, S.Pd., Gr menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini mampu mendorong minat dan kreativitas para guru di lembaganya.

“Kami menargetkan para guru dapat menghasilkan PTK dan Best Practice yang dapat diikutkan dalam berbagai lomba lokal hingga nasional. Dan kami berharap kerjasama dengan UMM ini akan terus berlanjut sampai menghasilkan karya”, ujar alumni Pendidikan Biologi UMM ini.

Sementara pemateri dalam workshop ini adalah Drs. Samsun Hadi, MS yang menyampaikan teknik menemukan masalah penelitian. Dosen senior ini menjelaskan bagaimana peran PTK dalam upaya memantapkan kualitas dan praktik pembelajaran yang baik.

“Untuk menemukan masalah maka guru perlu perlu merenung, membaca, dan mengevaluasi. Dengan itu akan banyak hal yang menarik dan perlu diselesaikan oleh guru. Guru kemudian mencari solusi dan menerapkannya. Intinya guru harus tertarik, memiliki minat, dan akhirnya mengimplementasikan” ujar dosen senior ini.

Di sisi lain pemateri kedua, Dr. Abdulkadir Rahardjanto, M.Si membagikan tips mencari referensi yang tepat untuk menyusun KTI.

“Ada banyak situs yang dapat digunakan mencari referensi. Misalnya Google Scholar, DOAJ, Science Direct, dan lain sebagainya. Intinya dibutuhkan kejelian dan ketelitian dalam mencari referensi yang tepat diantara banyaknya referensi yang tersedia” ujar dosen yang juga Wakil Dekan II FKIP UMM ini.

Pemateri terakhir adalah Dr. Husamah, S.Pd., M.Pd. Dia menjabarkan teknik penulisan karya ilmiah yang berasal dari PTK dan Best Practice.

“Berbagai pola penulisan, tips dan trik, bagian-bagian penting KTI saya sampaikan. Harapannya para guru bisa mengimplementasikan dan menghasilkan karya. Kami siap membantu mulai dari menemukan masalah, meneliti, menulis laporan dan artikel, dan mengikuti lomba atau mempublikasi” ujar doktor bidang pendidikan Biologi ini menyampaikan harapan dan materinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA